Monday, April 26, 2010

Prasangka


"Hai orang-orang beriman, jauhilah kebanyakan prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa dan janganlah kamu mencari2 kesalahan orang lain (QS 49:12)
Rasulullah SAW: "kalian telah terjangkiti penyakit umat sebelum kalian, yaitu dengki dan murka yg dpt mencukur, aku tdk katakan mencukur rambut tetapi dapat mencukur(memusnahkan) agama. Demi Zat yg jiwaku berada di tanganNya, kalian tdk akan masuk Surga hingga kalian beriman dan kalian tdk beriman hingga kalian saling menyayangi. Maukah kalian aku beritahu bagaimana cara menumbuhkan hal itu? Yaitu sebarkan salam diantara kalian." (HR At-Tirmidzi, hadis hasan)

Ada lagi yang diriwayatkan oleh Abu hurairah ra, Rasulullah SAW:"Janganlah kalian berprasangka sebab prasangka itu adalah ucapan yg paling dusta. Janganlah kalian saling mengintai kesalahan, saling bersaing,saling iri saling benci dan bermusuhan. Jadilah kalian hamba Allah yg bersaudara."(HR Bukhori)

Rasulullah SAW: "Tidak halal bagi seorang muslim memboikot saudaranya muslim, lebih dr 3 hari. Mereka berdua jauh dari kebenaran selama mereka memutuskan hubungan. Kemarahan siapa yg lbh dulu reda maka hal itu sebagai kaffarot utknya dan apabila mereka berdua meninggal disaat memutuskan hubungan tersebut maka mrk tdk akan masuk Surga selamanya. Jika salah satu mengucapkan salamnya dan tidak dijawab oleh yang lain maka Malaikatlah yg menjawab salamnya tersebut, sementara yg lain akan mendapat jawaban dari syaitan" (HR Bukhori)

"Dan berpegang teguhlah kamu semuanya pd tali agama Allah, jgnlah kamu bercerai-berai,ingatlah nikmat Allah pd-mu ketika kamu dahulu bermusuhan, lalu Allah Mempersatukan hatimu sehingga dgn karuniaNya kamu menjadi bersaudara, sedangkan ketika itu kamu berada di jurang neraka,lalu Allah Menyelamatkan kamu dr sana. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat Nya pada-mu agar kamu mendapat petunjuk" (QS 3:103)
Maha Benar Allah dengan segala firman2Nya...


/lym 25/04/2010
From : Djaelani Tandjoeng Facebook

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.