Tuesday, April 20, 2010

Idealisme (Calon) Dokter

Setiap tahun beberapa kali saya melakukan wawancara bersama teman-teman psikiater kepada calon mahasiswa kedokteran di tempat saya bekerja. Pertanyaan yang diajukan adalah sekitar kesiapan mereka menjadi calon mahasiswa dan apa yang menjadi dasar motivasi mereka untuk menjadi seorang dokter.

Jawaban mereka walaupun terkesan seragam namun sangatlah baik terdengar di telinga ini. Kebanyakan dari mereka bercita-cita menjadi dokter karena ingin membantu rakyat miskin yang tidak mampu berobat secara layak. Banyak di antara calon mahasiswa ini mengatakan bahwa mereka tergerak hatinya untuk menjadi dokter karena begitu sedih melihat penderitaan rakyat di sekeliling mereka yang mereka ketahui tidak mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik. Pelayanan kesehatan sepertinya hanya milik sebagian orang yang mampu secara finansial. Itulah tujuan mereka menjadi dokter.

Saya bangga dengan apa yang mereka katakan. Walaupun belum terbukti nantinya akan demikian pada saat sudah menjadi dokter, setidaknya idealisme awal mereka untuk menjadi dokter sesuai dengan apa yang sebenarnya menjadi cita-cita dari profesi kedokteran pada umumnya, membantu orang, tidak lebih.

Semoga idealisme ini terus ada walaupun terkadang harus kecewa melihatnya luntur dimakan waktu.

/lym 20/04/2010
From : http://umum.kompasiana.com/2010/04/19/idealisme-calon-dokter/

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.